Laman

2015 Ide Bisnis dengan Bahan Pembuatan Lampu Hias



Dalam industri lampu hias biasanya bahan baku yang digunakan adalah kaca, padahal ada beberapa bahan yang mudah didapat disekitar kita dan bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku lampu hias.
Baca: Tips Sukses Berbisnis Lampu Hias

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa kita gunakan :

1. Lampu benang

Lampu hias model ini kebanyakan digunakan sebagai lampu tidur. Biasanya berbentuk bulat tetapi bisa Anda buat menyerupai aneka model karakter seperti Mickey Mouse, Winnie The Pooh, Angry Bird, Hello Kitty, Doraemon dan lainnya sesuai dengan kreasi Anda.




Untuk membuat lampu hias ini Anda harus mempersiapkan bahan berikut; balon, benang jahit, lem kayu, kain flannel dan tentunya bola lampu. Kemudian untuk cara pembuatannya; dimulai dengan melilitkan benang ke balon yang sudah dilumuri lem, kemudian keringkan, dan keluarkan balon. Benang yang sudah berbentuk tinggal dikreasikan bentuk dan warna sesuai yang diinginkan serta dipasangi bola lampu. 

2. Lampu bambu

Seiring dengan tren back to nature untuk mengurangi global warming peminat furnitur dari bambu kini semakin meningkat.




Untuk membuat lampu hias minimalis dari bambu bisa Anda lakukan dengan memotong bambu berdiameter 10 cm. Kemudian sisakan bagian atasnya untuk tatakan lampu. Selanjutnya hilangkan serbuk bambu dengan cara mengamplas dan mengecat dengan pelitur. Lalu masukkan bola lampu dan tutupi bagian yang terbuka dengan kain putih, dan sekarang lampu hias siap digunakan.

3. Lampu kaleng dan toples

Kaleng atau toples adalah bahan sederhana yang bisa Anda daur ulang menjadi bahan kap lampu yang unik untuk memberikan kesan tambahan pada ruangan. Untuk membuatnya Anda harus mempersiapkan alat yang diperlukan berikut ini; paku, palu, kayu, cat dan bola lampu.




Cara pembuatannya sangat sederhana. Dimulai dengan membuat lobang-lobang kecil pada sisi kaleng yang sudah Anda bersihkan hingga membentuk pola yang diinginkan. Setelah itu cat kaleng dan masukkan lampunya.

4. Lampu batang pohon atau limbah kayu

Manfaatkan limbah kayu yang ada disekitar Anda untuk berkreasi membuat lampu hias. Jika Anda gemar menggambar, bentuk pola desain tertentu di lembaran kayu yang sudah ditipiskan, lalu potong pakai pisau, setelah itu rekatkan menjadi kap lampu berbentuk segi empat. Bisa juga dengan cara melobangi batang kayu sampai mencapai ketebalan tertentu hingga lampu bisa berpendar ke luar. Teknik pembuatannya memang memerlukan keterampilan yang lebih tinggi tetapi jangan berhenti mencoba, semakin banyak latihan akan membuat skill Anda makin terasah.




Semoga beberapa bahan diatas bisa menjadi sumber inspirasi kita untuk merintis bisnis usaha lampu hias.